Rabu, 13 April 2016

7 Tips Menjaga Hubungan Cinta Agar Langgeng dan Harmonis

Ketika pria dan wanita telah menjalin sebuah hubungan dan membangun komitmen untuk bersama, harapannya pasti hubungan mereka langgeng sampai pada jenjang pernikahan. Hidup bahagia bersama dalam sebuah keluarga dan memiliki anak. Akan tetapi, perjalanan menuju ke gerbang pernikahan tidak selalu mulus. Ada kerikil-kerikil kecil yang menghambat perjalanan itu. Bahkan tak jarang, banyak hubungan yang kandas di tengah jalan karena keduanya tidak mampu bertahan ketika melewati hambatan-hambatan tersebut.

Banyak hubungan yang harus kandas di tengah jalan karena ketidakmampuan dari kedua pasangan dalam menghadapi badai cobaan yang menerpa. Seribu satu masalah bisa saja datang menghampiri, yang tak jarang masalah itu memicu putusnya sebuah hubungan asmara. Seperti yang pernah aku alami, hubunganku harus kandas di tengah jalan gara-gara mitos terlarang dalam adat jawa yang melarang pernikahan antara anak pertama dan ketiga yang diistilahkan dengan Lusan Besan

Butuh tekad yang kuat dan perjuangan yang besar untuk mewujudkan semua harapan dan mimpi-mimpi yang telah dibangun bersama. Oleh karena itu, kali ini tak ada salahnya kalau kali ini aku membagikan sedikit tips menjaga agar hubungan kamu sama dia bisa langgeng, tidak hanya sampai pada jenjang pernikahan, tapi langgeng sampai ajal memisahkan. Baca juga Tips Menolak Ungkapan Cinta dari Sahabat


1. Mengutamakan Positif Thinking

Berpikir positif satu sama lain sangat penting dalam sebuah hubungan. Hal ini sekaligus menandakan bahwa kamu adalah orang yang sudah layak dan dewasa untuk menjalin sebuah hubungan yang serius. Bukan sekedar cinta monyet atau sekedar memuaskan nafsu kamu kepada pasanganmu dengan dalih cinta. Jadilah orang yang berpandangan dan berwawasan luas. Agar kamu dapat melihat segala bentuk permasalahan tidak hanya dari satu sudut pandang yang negatif saja. Kalau kamu punya semangat berpikir positif, insyaallah semua hambatan akan dapat kamu lalui. Ini membutuhkan kerjasama yang kompak antara kamu sama dia, tidak hanya salah satu pihak saja. Dengan positif thinking, kamu akan punya gairah dan semangat untuk mencari solusi atas setiap permasalahan yang datang. Sebab kamu masih punya harapan, bahwa jika kamu mau berusaha lebih keras lagi maka harapanmu dapat tercapai. Jangan menyerah, sebelum kamu berusaha dan berdoa dengan sekuat mungkin hingga tak lagi menemukan jalan lain selain berpisah dengannya.

2. Tidak Egois

Egoisme adalah salah satu pemicu kehancuran sebuah hubungan. Ketika kamu dan pasangan kamu sama-sama mengedepankan egonya masing-masing, maka yakinlah hubunganmy tidak akan dapat bertahan lama. Jangan memaksakan sesuatu kepada pasanganmu jika hal itu memang tidak dia sukai. Berusahalah untuk menerima dan mengerti satu sama lain. Sulit memang untuk menekan ego kita, sebab pada dasarnya setiap manusia ingin menjadi yang paling dominan. Suasana yang harmonis tak akan pernah tercipta jika masing-masing saling bersikukuh mempertahankan egoismenya, merasa yang paling benar, paling pintar, dan paling paling lainnya.

3. Jadilah diri sendiri

Jadilah diri kamu sendiri apa adanya. Jika pasanganmu memang benar-benar serius mencintaimu, dia akan mampu menerima segala kekurangan dan kelemahanmu. Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain hanya demi menyenangkan pasanganmu. Sebab ketidakaslian yang kamu tunjukkan padanya, pada akhirnya akan menjadi bumerang yang akan merusak hubunganmu dengannya. Yakinlah bahwa sebuah hubungan yang dilandasi oleh ketidakaslian dan berbagai bentuk kamuflase, tidak akan bertahan lama. Dan itu bukan ciri hubungan yang serius. Satu hal yang perlu dicatat, menjadi diri sendiri dalam konteks ini adalah menjadi diri sendiri dalam hal-hal yang positif. Kalau kamu punya beberapa kebiasaan buruk lalu kamu marah-marah saat pasanganmu menasehatimu dengan dalih bahwa itu bagian dari caramu menjadi dirimu sendiri, kamu salah. Itu namanya egois.

4. Mengomunikasikan masalah dengan kepala dingin

Ketika ada masalah, jangan buru-buru terbawa emosi sampai berkata kasar atau membentak pasangan anda. Tenangkan diri anda dan carilah waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan masalah anda dengan baik. Percayalah, masalah yang dihadapi dengan emosi tak akan pernah selesai dan menemui solusi. Tapi malah justru membuat masalah itu menjadi besar dan panjang. Banyak pasangan yang terburu-buru memutuskan sesuatu dalam kondisi emosi yang tidak stabil dan akhirnya malah menjadi penyesalan seumur hidup. Biasanya, setiap ada masalah dalam sebuah hubungan, yang terpikirkan cuma berpisah, putus...putus...dan putus. Padahal, jika mau sedikit bersabar dan menunggu hingga keadaan mulai kondusif, masalah dapat diselesaikan dengan jalan komunikasi yang baik. Tidak hanya masalah yang menyangkut hubungan antara kamu dengannya, tapi juga hubungan antara kamu dengan keluarganya atau hubungan antar kedua keluarga.

5. Jujur dan terbuka atas kekurangan

Kunci membina sebuah hubungan yang langgeng dan harmonis adalah saling jujur dan terbuka satu sama lain. Sepandai dan serapat apa pun kamu menyimpan bangkai, toh suatu saat akan tercium juga baunya. Lagipula apa susahnya jujur dan terbuka? Bukankah itu lebih melegakan? Bila memang dia benar-benar mencintaimu, dia akan menerima segala kekuranganmu kok. Dia akan bisa menerima dirimu, segala kekuranganmu dalam hal apa pun, baik dirimu yang sekarang telah bersamanya maupun dirimu di masa lalu.

6. Saling menghargai

Saling menghargai satu sama lain merupakan salah satu kunci keharmonisan dan langgengnya sebuah hubungan. Mengapa? Ya jelas to, kalau kalian bisa menghargai betapa pentingnya hubungan kalian, maka setiap masalah dan cobaan akan berusaha diselesaikan bersama-sama. Karena sadar bahwa hubungan kalian berharga, maka tidak ceroboh dan berusaha membutnya untuk tidak kandas di tengah jalan.

7. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Nah, inilah kunci utamanya, yaitu Tuhan, ALLAH SWT. Jika kamu dan dia senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, tidak sering berbuat hal-hal yang dilarang-Nya, dan saling mendoakan baik dalam keadaan suka maupun duka, insyaallah Dia akan memberikan yang terbaik untuk hubungan kalian. Inilah titik puncak yang sering dilupakan orang, apalagi jika berada pada posisi yang lapang.

Nah, itulah 7 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan yang bisa kamu jadikan bahan referensi dalam hubungan percintaanmu. Tak ada manusia yang benar-benar sempurna di dunia ini. Begitu pula tak ada hubungan yang benar-benar sempurna dan tanpa masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan tentang bagaimana agar hubungan yang kamu jalani tetap langgeng dan harmonis.

0 Komentar 7 Tips Menjaga Hubungan Cinta Agar Langgeng dan Harmonis

Posting Komentar

Ilmunikah.com - Maha Templates
Back To Top