Jumat, 15 April 2016

Pentingnta Komunikasi yang Berkualitas dalam Pernikahan

Di era teknologi seperti saat ini, banyak pasangan suami-istri yang kehilangan banyak waktu untuk berkomunikasi dengan bertatap muka secara langsung. Padahal, membangun komunikasi yang berkualitas sangat penting dalam pernikahan. Sebagaimana yang kita tau, pernikahan adalah ikatan suci yang menyatukan dua insan manusia yang berbeda sifat dan karakternya. Untuk itulah, diperlukan kemampuan komunikasi untuk mengharmonisasikan perbedaan-perbedaan di antara keduanya.

Banyak pasangan yang kandas di tengah jalan karena buruknya kualitas komunikasi di antara keduanya. Tidak hanya komunikasi antar pasangan (suami-isteri) tapi juga dengan keluarga dan mertua.

Komunikasi adalah salah satu kunci penting untuk menciptakan hubungan yang sehat dalam kehidupan keluarga atau berumah tangga. Jika Anda dan pasangan Anda setiap harinya dapan menjalin komunikasi dengan baik setidaknya 15 sampai 20 menit tanpa gangguan apapun, insyaallah hubungan anda dengan satu sama lain akan baik-baik saja.

Komunikasi yang baik merupakan pilar kebahagiaan dalam mempertahankan keutuhan dan keharmonisan keluarga ada, sejak anda mengikat komitmen dengan tali pernikahan sampai anda berdua berjuang-bersama-sama dengan pasangan demi keluarga. Anda bisa saling sharing tentang harapan dan cita-cita masa depan melalui komitmen yang telah anda buat dalam ikatan pernikahan.

Penting untuk melakukan komunikasi secara rutin setiap hari dengan topik misalnya melakukan refleksi diri dan evaluasi kegiatan sehari-hari, apa saja yang perlu diperbaiki. Bisa juga saling berbagi dan mencurahkan pendapat satu sama lain tentang gagasan dan tujuan individu masing-masing.

Pernikahan tidak hanya tentang kebahagiaan dan sukacita, namun di dalamnya anda juga akan melewati jalan di mana Anda akan menemukan kesedihan dan kesulitan. Apabila secara pribadi anda mengalami kesulitan atau kesedihan, maka komunikasikan atau curhatlah dengan pasangan Anda.

Dalam sebuah hubungan pernikahan, tak seharusnya ada rahasia atau sesuatu yang disembunyikan satu sama lain. Anda telah mengikatkan diri dalam janji suci pernikahan, di mana hal itu membawa konsekuensi untuk saling terbuka dan saling memiliki satu sama lain. Komunikasikan saja dengan pasangan, tak perlu ditutupi atau disembunyikan.

Pentingnya Komunikasi yang Berkualitas dalam Pernikahan

Transparan atau sikap saling terbuka dalam sebuah pernikahan membantu menjaga sekaligus menguatkan cinta anda dan pasangan anda. Contoh misal, jika Anda sedang tidak sehat dan menderita suatu penyakit, terbukalah pada pasangan Anda. Anda dan pasangan anda telah menyatu ibarat satu tubuh. Jika ada anggota tubuh yang sakit, maka yang lain juga akan ikut merasakan sakit.

Pasangan anda adalah orang yang paling tepat sebagai sosok yang dapat membantu segala kesulitan hidup anda. Dia adalah penyemangat anda. Dia akan menguatkan anda jika anda dalam ketakutan dan kekhawatiran. Asalkan anda mau berbagi dan terbuka kepadanya.

Demikianlah, betapa pentingnya membangun komunikasi yang berkualitas dalam pernikahan. Dibutuhkan kesabaran dan kedewasaan untuk dapat mewujudkannya. Meskipun dalam pernikahan tak lepas dari permasalahan, setidaknya bila bangunan komunikasi yang baik sudah begitu kuat dalam keluarga, maka insyaallah segala persoalan rumah tangga akan dapat terselesaikan dengan baik.

0 Komentar Pentingnta Komunikasi yang Berkualitas dalam Pernikahan

Posting Komentar

Ilmunikah.com - Maha Templates
Back To Top