Jumat, 02 September 2016

Tuhan Selalu Mengganti yang Lebih Baik atas Setiap Kehilangan

Mati satu tumbuh seribu, patah tumbuh hilang berganti. Di setiap kehilangan, kekecewaan, dan rasa sakit yang kita rasakan, disitu terselip hikmah Tuhan. Tinggal kitanya, apakah akan menyikapinya dengan mengeluh atau bersabar. Sebab kita adalah makhluk yang dikaruniai akal sebagai alat untuk memilih di antara mana yang benar dan tidak benar, yang baik dan tidak baik.

26 tahun sudah Tuhan memberiku kehidupan. Dan sampai saat ini aku belum juga menikah. Hampir setiap hari aku mendapat cibiran dari orang-orang di sekitarku, kenapa nggak segera nikah. Mendengarnya, aku hanya diam sambil tersenyum tipis.

Semenjak pertama kali aku mulai berani menjalin sebuah kedekatan hubungan dengan seorang wanita, sampai saat ini belum juga ada yang melangkah ke jenjang pernikahan.

Berbagai macam pengalaman dalam dunia percintaan sepertinya pernah aku alami semua. Mulai dari penolakan, memutuskan hubungan, diputuskan, MemPHPkan, juga diPHPkan, lengkap seperti menu prasmanan. Seandainya dibuat novel bisa dipastikan si pembaca akan berlinang air mata,,hehehe

Kenangan-kenangan ketika dulu kita pernah menjalin sebuah hubungan dengan seseorang, kadang bisa muncul secara tiba-tiba dalam pikiran. Ada yang membuat kita tertawa sendiri saat mengingatnya, ada yang membuat kita merasa sangat menyesal, ada pula yang membuat kita merasa benar-benar bersalah dan berdosa.


Yah memang begitulah hidup ini, ketika sudah menjadi kenanganlah terkadang kita sadar bahwa apa yang kita lakukan saat itu tidak seharusnya kita lakukan, atau mungkin yang seharusnya tidak kita lakukan justru harus kita lakukan. Bila waktu tlah berlalu, hanya penyesalanlah yang akan berbicara.

Tidak hanya sekali dua kali aku menjalin hubungan dengan seorang wanita. Dan saat ini pun aku tengah menjalani hubungan dengan seorang wanita yang tidak berlebihan seandainya aku berkata bahwa aku telah jatuh cinta padanya sejak pandangan pertama,,hehehe Sosoknya yang anggun dan sederhana, senyumnya yang begitu manis nan menyejukkan mata, kata-katanya serta sikapnya yang halus dan santun, membuatku tak mampu untuk tidak jatuh cinta kepadanya.

Benarlah kiranya ungkapan yang mengatakan bahwa cintalah yang membuat seseorang itu benar-benar sosok yang sempurna di mata kita, meskipun orang lain mungkin menganggapnya biasa-biasa saja. Itulah kekuatan cinta, anugerah dari Tuhan yang Maha Sempurna, yang apabila telah tertanam dalam hati seseorang, maka cinta itu akan menyempurnakan makhluk yang dicintainya, meskipun pada hakikatnya tak pernah ada yang sempurna selain-Nya.

Dan ketika kita telah mencintai seseorang, maka akan muncul keinginan untuk memilikinya sepenuhnya. Itulah mengapa kita merasakan sakit yang mendalam ketika kehilangan seseorang yang kita cintai, karena kita merasa memiliki, sense of belonging. Bila tidak segera kita kembalikan pada kehakikatannya, bahwa pada hakikatnya kita tidak pernah memiliki apa-apa, akan menimbulkan rasa sakit, kecewa, dan stress yang berkepanjangan.

 Setelah aku pikir-pikir ulang, Tuhan selalu menggantikan yang lebih baik atas setiap kehilangan yang pernah aku alami. Bukan bermaksud untuk membanding-bandingkan, tapi memang itulah yang aku rasakan. Dan yang aku rasakan saat ini pun sama, seseorang yang saat ini aku cintai, aku rasakan kalau dia lebih baik dari yang sebelumnya meninggalkanku. Dari situlah aku banyak belajar, bahwa saat kita kehilangan orang yang kita cintai, meskipun kita tidak pernah menginginkannya, kita harus tetap tegar dan optimis bahwa ada rencana Tuhan yang lebih baik untuk kita. Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik. Dan itu telah terbukti sekarang.

Dari setiap kehilangan yang aku alami, aku belajar untuk benar-benar menjaga dan mensyukuri apa yang dititipkan oleh Tuhan kepadaku saat ini. Aku berusaha untuk menjadi penjaga yang terbaik untuknya. Sebab aku sadar, tanpa campur tangan Tuhan, tidak mungkin aku mendapatkan yang sebaik dia. Apabila aku tidak menjaganya dengan baik, setiap saat Tuhan bisa saja mengambilnya dariku dan menitipkannya kepada orang lain yang lebih pantas.

0 Komentar Tuhan Selalu Mengganti yang Lebih Baik atas Setiap Kehilangan

Posting Komentar

Ilmunikah.com - Maha Templates
Back To Top