Jumat, 23 Juni 2017

5 Makna & Filosofi Cincin Pernikahan yang Perlu Kamu Ketahui

Pernikahan selalu identik dengan cincin. Di Indonesia sendiri, telah sejak lama ada tradisi tukar cincin dalam pertunangan. Cincin pernikahan seakan jadi simbol yang menandakan bahwa seseorang telah terikat dalam akad pernikahan yang sah. Mengapa harus dengan cincin? Bukan kalung, gelang, atau perhiasan lainnya? Ternyata, ada makna spesial yang terkandung dalam cincin pernikahan.

1. Simbol ikatan cinta


Cincin adalah salah satu perhiasan yang menjadi simbol kekuatan dan ikatan cinta. Di zaman dulu, cincin dipakai oleh orang-orang yang berpengaruh seperti raja dan bangsawan sebagai simbol kekuatan. Dan karena itulah makna esensial sebuah cincin bertahan hingga sekarang dan dipakai dalam konteks jalinan pernikahan.

2. Simbol Cinta Abadi


Bentuk cincin yang bundar melingkar menyimbolkan kekuatan cinta tanpa ujung, cinta yang abadi. Tidak hanya cinta ketika di dunia, namun cinta yang mengantarkan kedua mempelai bersatu di kehidupan surga yang memiliki keindahan dan kebahagian sempurna nan abadi. Cincin kawin atau cincin pernikahan juga merupakan simbol keagungan cinta dan kesetiaan yang menyatukan dua insan manusia dalam ikatan yang halal.

3. Simbol Kesetiaan


Sepasang cincin pernikahan yang terpasang di jari masing-masing mempelari memiliki arti dan makna akan akan sebuah kesetiaan untuk bersama komitmen yang abadi tanpa lekang oleh waktu.

4. Simbol ingatan tentang pasangan


Mengapa cincin dipakai di jari? Ya, karena jari merupakan bagian dari anggota tubuh yang paling sering dilihat dan digunakan. Tersematnya cincin di jari akan membuat pemakainya mudah dan sering melihatnya sehingga memunculkan ingatan tentang pasangan. Oleh masyarakat Tiongkok, cincin pernikahan disematkan di jari manis karena jari manis memiliki filosofi sebagai simbol pasangan yang tak terpisahkan.

5. Simbol yang berfungsi menghadirkan romantisme masa lalu


Cincin pernikahan bagi pasangan suami-istri dapat menjadi sarana yang berfungsi mengingatkan tengan kisah cinta dan romantisme masa lalu yang terjalin antara keduanya dan sekaligus makna indah bahtera pernikahan yang telah mereka lalui.


Selain makna dan filosofi cincin pernikahan seperti yang terurai di atas, bahan yang dipilih untuk cincin pernikahan juga mengandung makna dan filosofinya masing-masing.

Sebagian besar cincin pernikahan saat ini terbuat dari logam mulia berupa emas dan berlian. Kedua bahan ini melambangkan kekuatan yang abadi. Cincin pernikahan dari emas atau berlian mengandung doa sekaligus harapan agar cinta dan pernikahan suami-istri langgeng dan awet layaknya sifat dari logam mulia tersebut.

Apa pun makna dan filosofi dari cincin pernikahan, yang lebih penting dari itu adalah terwujudnya pernikahan yang bahagia. Suami dan istri masing-masing tau dan mau melaksanakan hak dan kewajibannya, baik hak dan kewajiban dalam urusan berumah tangga, maupun hak dan kewajibannya terhadap Tuhan, tetangga, orang tua, dan saudara-saudaranya.

0 Komentar 5 Makna & Filosofi Cincin Pernikahan yang Perlu Kamu Ketahui

Posting Komentar

Ilmunikah.com - Maha Templates
Back To Top