Senin, 19 Juni 2017

7 Cara Menjadi Orang Tua Terbaik untuk Anak Berkepribadian Introvert

Parenting bukan tugas yang bisa dilakukan orang tua dengan ringan dan mudah, terutama bila menyangkut anak dengan karakter khusus atau berbeda. Dalam membesarkan anak yang introvert, orang tua harus benar-benar memahami introvert secara benar.

Perbedaan antara introvert dan ekstrovert berakar pada teori psikologis Jung yang memandang ekstrovert sebagai orang yang secara alami berorientasi pada dunia luar, sementara introvert lebih fokus pada orientasi batin.

Introvert adalah tipe kepribadian di mana seseorang cenderung memperhatikan/berkonsentrasi terhadap diri dan pikirannya sendiri, bukan dengan lingkungannya. Orang yang introvert biasanya puas dengan dunia internal pikirannya dan menikmati menghabiskan waktu sendirian daripada pergi bersosialisasi.

Karena itu, anak introvert cenderung pemalu, pendiam, menyendiri, namun kreatif dan tenang. Mereka cenderung memiliki sejumlah teman yang terbatas, sering merencanakan ke depan sebelum mengambil tindakan, mendukung hidup dengan agenda yang terorganisir dan memiliki standar etika atau moral yang tinggi.

Memiliki anak dengan kepribadian introvert seharusnya tidak menempatkan orang tua dalam posisi yang sulit. Mereka hanya perlu dirawat dan diperhatikan dengan memberikan kasih sayang yang lebih.

Seperti dilansir Boldsky, berikut ini tujuh tips cerdas untuk menjadi orang tua terbaik bagi anak yang introvert:

Pertama - Orang tua harus mengerti dan memahami bahwa tidak ada yang salah dengan menjadi introvert.

Kedua - Orang tua yang memiliki anak introvert harus memandang bahwa sifat kepribadian ini bukan karena pilihan dan tidak perlu "diperbaiki". Itu adalah bagian dari biologis dan mental anak.

Ketiga - Memaksa anak untuk "bersosialisasi" atau mendorongnya agar lebih terbuka dapat berdampak negatif pada jiwa mereka. Hindari melakukan hal ini karena bisa membuat mereka merasa sebagai anak yang tidak normal.

anak introvert

Keempat - Sebelum berangkat ke acara yang sifatnya sosial atau mengadakan pertemuan besar di rumah, anak harus diberi tahu tentang hal itu sehingga mereka dapat mempersiapkan diri secara mental. Introvert butuh waktu ekstra untuk menyerap situasi sosial.

Kelima - Berikan anak untuk istirahat dari berpartisipasi dalam pertemuan sosial saat mereka merasa membutuhkannya. Introvert bisa merasa sangat tidak nyaman karena terlalu banyak interaksi.

Keenam - Perhatikan dan hargai anak begitu dia mencoba untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam situasi sosial, karena cukup sulit bagi mereka untuk melakukannya.

Ketujuh - Orang tua harus menanamkan pada anak-anak mereka nilai kepercayaan dan integritas.

0 Komentar 7 Cara Menjadi Orang Tua Terbaik untuk Anak Berkepribadian Introvert

Posting Komentar

Ilmunikah.com - Maha Templates
Back To Top